Pengembangan Bahan Pembelajaran SMK “Penyusunan Modul Pembelajaran” Telaah Kurikulum Bahan Ajar SMK Pertemuan 10





a. Pengertian Modul
Modul merupakan media atau sarana  pembelajaran yang berisi materi, metode, batasan-batasan, dancara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarikuntuk mencapai standar kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat kompleksitasnya.

b. Tujuan Penggunaan Modul
1.      Memperjelas dan mempermudah penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat  verbal.
2.      Mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan daya indera peserta didik dan pendidik.
3.      Meningkatkan motivasi dan gairah belajar bagi peserta didik atau peserta diklat;
4.      Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berinteraksi langsung dengan lingkungan dan sumber belajar lainnya,
5.      Memungkinkan peserta didik belajar mandiri sesuai kemampuan dan minatnya.
6.      Memungkinkan peserta didik dapat mengukur atau mengevaluasi sendiri hasil belajarnya.
c.    Macam-macam Modul
1.      Modul berbentuk cetakan (buku)
2.      Modul berbentuk CD (Multimedia Interaktif)

d.   Karakteristik Modul
1.      Self Instructional
Peserta didik mampu membelajarkan diri sendiri, tidak tergantung pada pihak lain.
2.      Self Contained
Seluruh materi pembelajaran dari satu standar kompetensi atau kompetensi dasar yang dipelajari terdapat di dalam satu modul secara utuh
3.      Stand Alone
Modul manual / multimedia yang dikembangkan tidak tergantung pada media lain atau tidak harus digunakan bersama-sama dengan media lain
4.      Adaptif
Modul memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap perkembangan ilmu dan teknologi
5.      User friendly
Modul memenuhi kaidah bersahabat / akrab dengan pemakainya

e. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam Penulisan Modul
1.      Konsistensi Dalam penggunaan :
FONT
SPASI
TATA LETAK (LAYOUT)
2.      Bentuk dan Ukuran Huruf
      Bentuk dan ukuran huruf yang mudah dibaca
      Perbandingan huruf yang proporsional
      Hindari penggunaan huruf kapital untuk seluruh teks
3.      Format
      Format kolom tunggal atau multi
      Format kertas vertikal atau horisontal
      Icon yang mudah dipahami
4.      Pengorganisasian
      Tampilkan peta/bagan
      Urutan dan susunan yang sistematis
      Tempatkan naskah, gambar dan ilustrasi yang menarik  
      Antar bab, antar unit dan antar paragraph dengan susunan dan alur yang  mudahdipahami    Judul, sub judul (kegiatan belajar), dan uraian yang mudah diikuti
5.      Daya Tarik
Mengkombinasikan warna, gambar (ilustrasi), bentuk dan ukuran huruf yang serasi Menempatkan rangsangan-rangsangan berupa gambar atau ilustrasi, pencetakan huruf tebal, miring, garis bawah atau warna.Tugas dan latihan yang dikemas sedemikian rupa.
6.      Ruang (spasi kosong)
Gunakan spasi atau ruang kosong tanpa naskah atau gambar untuk menambah kontras penampilan modul



F.       Kerangka Modul
Kata Pengantar
Daftar Isi
Peta Kedudukan Modul
Glosarium

I.  PENDAHULUAN
    A. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
    B.  Deskripsi 
    C.  Waktu
    D.  Prasyarat
    E.  Petunjuk Penggunaan Modul
    F.  Tujuan Akhir
    G.  Cek Penguasaan Standar Kompetensi
II.  PEMBELAJARAN
      A.  Pembelajaran 1
            1.  Tujuan 
            2.  Uraian Materi
            3.  Rangkuman
            4.  Tugas
            5.  Tes 
            6.  Lembar Kerja Praktik 

 B. Pembelajaran 2 – n (dan seterusnya, mengikuti jumlah pembelajaran yang dirancang)
1.  Tujuan 
2.  Uraian Materi
3.  Rangkuman
4.  Tugas
5.  Tes 
6.  Lembar Kerja Praktik 

III.  EVALUASI
A.  Tes Kognitif 
B.  Tes Psikomotor 
C.  Penilaian Sikap

KUNCI JAWABAN
DAFTAR PUSTAKA 


DAFTAR PUSTAKA


2)      Purwanto, Dkk, 2007, Pengembangan Modul, Jakarta : Pusat TIK Pendidikan Departemen Pendidikan Nasional Jakarta

No comments:

Post a Comment